December 4, 2013

Memilih Komponen dalam Merakit Komputer

PC desktop

Walau sudah mulai tergantikan oleh Laptop, merakit sebuah PC masih menjadi kepuasan tersendiri. Kita bisa mendapat sebuah PC dengan peforma melebihi laptop pada kisaran harga yang sama. Terlebih kita dapat menentukan komponen yang dipakai sesuai kebutuhan. Bagaimana kita tahu apa yang harus dibeli dan bagaimana memilih komponen PC?

1. Memilih Processor (CPU)

CPU

CPU seperti jantung pada sebuah PC, awal yang bagus untuk memulai karena akan menentukan motherboard yang kita beli. Disini kita tidak bicara Intel VS AMD. Secara sederhana  CPU dibagi menjadi Single, Dual, dan Multi core . Single core biasanya terdapat pada processor lama. Dual core masih memadai untuk PC Hiburan, gaming low end, dan komputer kantor. Multi core penting bagi aplikasi yang dapat menggunakan beberapa thread. Akan tetapi masih banyak aplikasi yang belum memanfaatkan multicore sepenuhnya.

Secara harga, processor multi core seperti quad core sudah terjangkau dan semakin terjangkau setiap tahun. Tidak ada salahnya membeli satu jika anda perlu.

2. Memilih Motherboard

Motherboard

Merupakan tulang pada PC, motherboard hampir tidak berdampak pada kinerja, maka dinilai berdasarkan fiturnya. Motherboard dibedakan dari BIOS, kontrol kecepatan kipas dan port yang didukung. Harga menentukan fitur yang diusung sebuah Motherboard. Motherboard mahal biasanya menawarkan fitur overclock dan penggunaan beberapa video.

Beberapa motherboard baru mulai menggunakan pengganti BIOS yang dinamakan UEFI (Unified Extensible Firmware Interface). Mempunyai fungsi yang sama dengan BIOS, tapi dapat mengenali pergerakan mouse dan antarmuka grafis yang lebih ramah.

3. RAM

ddrram2

RAM atau memory dulu menjadi masalah besar. Membeli lebih dari yang anda butuhkan tidak banyak gunanya. Kebanyakan orang sudah cukup dengan 4 GB (PC rumahan) atau 8-16 GB untuk gaming / Workstation.

Hati-hati memilih RAM, pastikan cocok dan didukung oleh Motherboard anda. Yang paling umum saat ini adalah DDR3-1333, dan bisa berubah di masa depan. Baca buku panduan motherboard untuk menentukan RAM yang sesuai.

Menggunakan beberapa RAM dengan ukuran berbeda tidak membuat komputer crash, tapi akan mengurangi kinerja memory, disarankan untuk membeli RAM yang identik jika anda ingin bekerja dual channel.

4. Harddisk atau SSD

ssdvshdd

Solid state disk (SSD) sangat cepat, tapi juga mahal. Tidak banyak orang mampu membelinya untuk dijadikan media penyimpanan. Jika anda memiliki uang lebih, anda dapat membeli SSD untuk menyimpan file sistem dan tambahan Harddisk untuk penyimpanan besar.

Harddisk dengan 7200rpm memang tidak mampu mengalahkan kecepatan SSD, tapi sudah cukup memadai untuk digunakan sehari-hari.

5. Graphic card / VGA Card

vga card

Integrated graphic yang ditawarkan Intel dan AMD memang cukup memadai jika anda tidak terlalu maniak Game. Jika anda menginginkan peforma lebih untuk game, editing photo dan video,  VGA card tambahan menjadi suatu keharusan.

Pastikan sesuai dengan budget, kebutuhan, dan dukungan motherboard sebelum membeli VGA Card. Walau dengan tipe yang sama, beberapa pabrikan kadang membuat desain sendiri yang mengubah sistem pendinginan dan meng-overclock kartu. Anda dapat membaca beberapa ulasan untuk membantu memutuskan.

6. Casing dan Komponen Pendingin

Processor dan casing biasa sudah dilengkapi komponen Cooler yang standar. Jika ingin melakukan overclock anda  dapat membeli komponen cooler lain seperti water cooling.

Sesuaikan ukuran casing dengan motherboard dan slot-slot yang anda butuhkan. Di banyak website anda dapat menemukan ulasan tentang aliran udara dan nilai desibel dari beberapa casing dan HSF.

7. Power Supply

Jika membeli komputer yang sudah jadi, Power supply menjadi barang yang hampir tidak bisa dipilih. Jika ingin membangun sendiri penting untuk dipertimbangkan. Power Supply memiliki kualitas, kehandalan, dan output daya yang berbeda. Anda dapat membeli yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan listrik. Sebaiknya gunakan merk-merk yang terkenal handal seperti Coarsair, Seasonic, Antec, Power PC, OCZ Tekhnology dan Cooler Master. Carilah ulasannya sebelum membeli.

8. Aturan 1/3/5

  • Apapun yang anda beli sekarang akan dikalahkan produk baru satu tahun berikutnya.
  • Akan kalah telak 3 tahun berikutnya
  • Akan menjadi usang 5 tahun selanjutnya

Ini berlaku untuk semuanya, bahkan untuk hardware berharga puluhan juta. pertimbangkan sebelum membeli, jika Layar anda tidak besar, maka anda tidak perlu membeli VGA yang mampu menangani 2560x1440. Jika anda tidak menggunakan RAM lebih dari 8GB maka anda tidak perlu membeli 16 GB. Anda akan menghemat banyak jika mengingat aturan ini. Anda perlu mengupgrade lebih sering tapi akan menghabiskan sedikit biaya untuk pembangunan selanjutnya.

Tulisan ini hanyalah hal dasar yang perlu anda ketahui dalam memilih komponen PC. Saya sadur seperlunya dari majalah PCMedia. Jika ingin lebih mendalami tentang merakit komputer, cek ebook yang satu ini :

Panduan merakit dan merawat komputer

2 comments :

  1. Urusan rakit merakit kayanya saya masih harus belajar lagi nih, makasih buat ilmunya

    ReplyDelete
  2. Matursuwun Ilmunya moga tetap sehat dan bisa berbagi ilmu dan ikut mencerdaskan bangsa .matursuwun sangnget.....

    ReplyDelete

Kritik? Saran? Pertanyaan? Sharing? Mari berbagi di Form Komentar !
Mohon untuk tidak mencantumkan Link dalam form komentar.
Komentar Spam tidak akan ditampilkan.
Mohon maaf jika komentar tidak langsung dibalas.