March 11, 2012

Kekurangan Windows dibanding Linux

Linux VS Windows

Artikel ini saya review dari tulisan bapak Gunung Sarjono di PCMedia 5/2011. Menarik untuk mengetahui kekurangan Windows dibanding Linux, Selama ini kita berpikir Windows selalu memberikan yang lebih baik daripada Linux. Ada baiknya kita juga mengetahui apa saja kekurangan Windows dibanding Linux.

Jika anda terlebih dahulu menggunakan dekstop Linux, mungkin  anda merasa seperti membentur tembok ketika menggunakan Windows, berikut gangguan pada windows yang tidak ada pada Linux.

1. Virus/Malware

Menggunakan Windows tanpa  menginstall Antivirus sangat berbahaya. Meskipun telah menginstall antivirus, komputer anda masih saja bisa terinfeksi. Bahkan antivirus di windows dapat menghalangi program-program lain. Linux terbukti lebih unggul dalam hal ini, meskipun anda menggunakan Antivirus di linux, jarang sekali anda melihatnya menghalangi program lain.

2. Jaringan Bermasalah

Windows memiliki dukungan hardware yang luas, tetapi bukann berarti hasilnya lebih baik. Setelah jaringan pada Linux di konfigurasi, anda akan jarang sekali mendapat masalah. Walaupun anda mengalaminya, masalah dapat dilacak sampai ke sumber eksternal. Jika mesin linux mengalami masalah, hampir selalu bisa diselesaikan dengan restart sistem jaringan. Linux memang dibangun untuk berada dalam jaringan.

3. Lambat

Coba ingat, kapan mesin windows anda secara misterius melambat? Apa penyebabnya? Fragmentasi, virus, malware, atau kehabisan resource? Atau bahkan anda tidak dapat memecahkan masalahnya? Dengan Linux (terutama yang misterius) hampir tidak ada, terutama pada server Linux.

4. Crash

Ketika aplikasi di windows mengalami crash, sulit sekali menemukan penyebabnya, cobalah melakukan debug aplikasi di windows, sama sekali tidak semudah di Linux. Ketika dijalankan, Aplikasi di Linux akan berjalan dengan baik sampai anda berkata ‘tidak lagi’. Bahkan jika memang crash, mudah untuk mengetahui penyebabnya.

5. Berbagi printer tidak praktis

Dengan rilis terbaru GNOME, Sharing Printer di Linux sangat mudah. Anda dapat mengatur printer untuk setiap sistem operasi. Cobalah berbagi printer antara Windows XP dan Windows 7 tanpa merasa seperti ingin menarik rambut anda.

6. Memakan Resource

Menggunakan Windows 7 dengan RAM kurang dari 2GB seperti bekerja dalam gerak lambat. Ketika RAM dilahap oleh Aplikasi, pekerjaan menjadi semakin lambat. Hal ini tidak terjadi di Linux, Linux lebih baik dalam menangani resource sistem.

7. Keamanan

Windows datang lengkap dengan celah keamanan dan Microsoft lambat merilis patch untuk menambalnya. Linux tidak kebal, tetapi tidak mudah terkena serangan dan lebih cepat perbaikan masalahnya.

8. Flexibilitas

Keluar dari kotak, apa yang bisa anda lakukan dengan windows? Anda dapat browsing dan menerima email. Keluar dari kotak apa yang bisa anda lakukan dengan Linux? mungkin pertanyaan yang lebih tepat apa yang tidak bisa anda lakukan dengan Linux ?

9. Kemampuan bekerja sama

Jarang ditemukan sistem yang tidak bisa terhubung ke Linux, Mencakup OS X, WIndows, OS/2, bahkan PlayStation. Tanpa bantuan software pihak ketiga, Windows sama sekali tidak bisa bekerjasama. Sedikit menyinggung format, dengan Open office kita dapat membuka dan menyimpan format apapun. Bagaimana rasanya hanya bisa membuka format docx dengan word 2007 keatas ?

10. Evolusi

Microsoft perlu lima tahun untuk memperbaiki Windows Vista dan merilis Windows 7. Berbanding terbalik dengan tanggal rilis Microsoft yang sangat jauh, rilis baru pada linux tersedia setiap 6 bulan dan memasukkan lompatan tekhnologi yang signifikan. Linux sejalan dengan pengguna, Microsoft?

Baca juga Alasan Linux tidak akan melebihi Windows.

17 comments :

  1. saya juga pengguna Linux nih? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy udah coba Linux sob, tapi kurang ngerti cara kerjanya,,maklum baru sekali nyoba,
      :(

      Delete
  2. Bos...link download OS Linuxnya...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Linux tersedia gratis sob, bisa dicari lewat google sesuai kebutuhan, misal ubuntu, fedora, linux mint, blankon dll.

      Delete
  3. Coba cek di sini:
    http://kambing.ui.ac.id/iso/
    http://repo.ugm.ac.id/iso

    Coba pakai fitur Live-USB atau Live-CD, tidak perlu install untuk mencoba linux.

    Coba dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks infonya sob. menarik juga via Live-USB, ga perlu susah2 nge-burn.

      Delete
  4. Apalagi jika Linux digunakan untuk pembelajaran, banyak manfaat yang kita dapatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak, banyak sekali fungsi Linux yang perlu digali lebih lanjut.

      Delete
  5. terima kasih reviewnya gan, ane mau pindah ke linux juga nc kyknya.hee
    oh ya, kunjungi dan komentar di blog ane ya. salam persahabatan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup gan, ane juga lagi nyoba pakai Linux ni.
      Segera dikunjungi gan, salam kenal.

      Delete
  6. mungkin ini cuma perasaan saya saja ya...
    tapi kalo pake modem yang sama dipake di win7 sama di linux (laptop saya dual boot win7 sama linux ubuntu) terasa lebih cepat kalo pake linux (ubuntu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tahu penyebabnya mas bro. Di windows 7 dipasang antivirus kan? Nah antivirus sekarang kebanyakan dilengkapi Firewall, nanti paket data yang masuk diperiksa dulu, makanya jadi agak lamban tu koneksinya.
      Selama saya pakai windows, Firewall yang agak mending itu punya ESET smart security,

      Delete
    2. antivirusnya avast free edition
      ga pasang firewall khusus selain firewall asli windows...

      Delete
  7. Bagus kupasannya, meskipun disini saya lihat sedikit sekali user Windows yang 'membantah' dan tidak seramai post sebelah :)
    Terus terang saya user windows, sejak masa 98 sampai sekarang win 8 Beta,
    Dua bulan belakangan saya coba belajar seputar Linux, salah satu nya distro ubuntu yang paling digemari di Indonesia, namun sayangnya sulit sekali mencari literatur dan tempat bertanya, saya coba bergabung ke id-ubuntu, pertanyaan mendasar saja tidak dijawab.

    Bagaimana orang mau beralih ke Linux? Harus bertanya ke mbah google?
    Buat suhu-suhu Linux, tidak semua user yang beruntung tinggal dikota-kota besar yang memiliki akses dan fasilitas memadai untuk mengenal Linux, toh buat apa bikin grup kalau tidak mau menerima anggota yang baru ingin belajar.

    Toh kalaupun saya ingin beralih ke OS lain, terus terang dengan perilaku 'Master' Linux apalagi user nya sepertinya 'congkak' ya, Suka kritik orang tapi ga mau dikritik, mending saya beralih ke Mac.

    Pertanyaan saya dijawab dengan santun mulai dari pertanyaan mendasar sampai yang mungkin pertanyaan yang bersifat 'ngeyel', tapi mereka maklum dan paham dengan kondisi anggota yang baru belajar.

    Sebenarnya sih bukan salah linux nya ya, tapi mungkin oknum 'user' nya yang membuat orang males belajar Linux.

    Sorry buat kang Rai mau reply dari post sebelah udah dikunci.

    Sukses selalu buat Anda, dan bener kata Anda, keberhasilan OS bukan hanya dari kecanggihan, namun juga dari kepuasan user nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya post sebelah sudah dikunci karena terlalu panjang sob, setiap hari ada saja user linux yang komplain.
      Beralih total ke linux untuk saat ini memang sulit, banyak masalah yang didapat user saat baru belajar Linux, kecuali yang benar2 mau mendalami pasti akan keasyikan sendiri.
      Semoga Linux terus berkembang, semakin friendly, dan bisa bersaing langsung dengan windows di segi hardware, software & games.

      Delete
    2. Terus terang saya pesimis melihat perkembangan Linux di Indonesia khususnya.

      Tadi pagi saya coba pake Ubuntu 12.04 yang katanya udah mumpuni, hmff, driver VGA Intel GMA 3150 saya ga kedetek, trus netbook saya jadi "anget".

      dibanding-dibandingin, ternyata tampilan Linux udah mulai mirip-mirip OS tetangga si "Jendela" dan "Singa".

      Aneh aja sih user Windows, kalo Windows nya dikritik mereka bisa terima sebagai sebuah kelemahan, namun kalau sebaliknya?
      Mudah-mudahan ini hanya ulah sebagian user 'Linux' yang mencoba sok pinter, sok aneh, ternyata yang ada rupanya cuma satu kata.... "MUNAFIK"

      Pembajakan Haram? Kalo bicara Linux dan sebagian besar aplikasi nya sih mungkin ya karena Open Source, bagaimana dengan Data(Lagu, Film, yang nota bene juga ada HaKI disana?)

      dan ingat bahwa Linux bukan gratis tapi bebas, namun sayangnya kesadaran mental kita udah dikasih bebas, trus ga pernah respek ngasi donasi.

      Malu saya melihat komentar di post sebelah.. bisanya cuma kritik orang, yang ada dianya cuma 'SAMPAH'

      Delete
    3. Benar sob, saya sudah tulis bahwa artikel tersebut cuma saya review, artikelnya lumayan panjang jadi saya ambil kesimpulannya saja. Entah kenapa kebanyakan pengguna Linux bersikap seakan2 saya membuat artikel "sesat". Sesat dari segi mana saya juga kurang tahu, hehe..

      User kayak begitu taunya cuma marah sambil memperlihatkan dia lebih pintar dari saya. Wajar krna saya juga baru melirik ke Linux, namanya juga user, bebas milih mana yang bagus, lagian saya juga tidak fanatik Windows, cuma untuk sekarang saya lebih puas dengan Windows. Linux? Sepertinya memang belum bisa menggantikan windows secara total. Selamat deh buat yang sudah bisa "Migrasi" total ke Linux.

      Delete

Kritik? Saran? Pertanyaan? Sharing? Mari berbagi di Form Komentar !
Mohon untuk tidak mencantumkan Link dalam form komentar.
Komentar Spam tidak akan ditampilkan.
Mohon maaf jika komentar tidak langsung dibalas.