August 14, 2012

Mengamankan flashdisk dari virus

Lindungi flashdisk dari virusFlashdisk terkena virus seakan sudah menjadi hal biasa. Semakin populernya flashdisk  menyebabkan para pembuat virus menjadikan flashdisk sebagai media utama peyebaran virus mereka. Bagaimanakah cara mengamankan flashdisk dari virus? Meski tak ada jaminan flashdisk anda akan 100% kebal virus, Berikut saya berikan beberapa tips yang dapat anda coba.

1. Gunakan Bitdefender USB immunizer

bitdefender usb immunizer

Jika anda mencari artikel tentang melindungi flashdisk dari virus, anda pasti banyak menemukan artikel yang menyarankan anda untuk membuat file autorun.inf. Dengan tujuan mencegah virus menggunakan fitur autorun untuk memperbanyak dirinya.

Daripada susah2 membuat sendiri file autorun.inf yang aman, anda dapat menggunakan Bitdefender USB Immunizer. Software ini akan melindungi flashdisk anda dari virus yang memanfaatkan fitur autorun.

Download Bitdefender USB Immunizer (MF)

2. Gunakan folder brankas Smadav

brankas smadav

Fitur yang dimiliki antivirus lokal ini cukup membantu melindungi Flashdisk anda dari virus yang menyebar ke folder. Folder brankas smadav diklaim lebih aman dari infeksi virus. Anda dapat meletakkan folder ini di flashdisk dan menyimpan data penting anda di dalam folder tersebut.

Download Folder Brankas Smadav (MF)

3. Jika terlanjur terkena virus, bersihkan dengan PCMAV

PCMAV Screenshot

Antivirus lokal yang mampu membersihkan berbagai virus beserta variannya dengan tuntas. Pengalaman saya selama menggunakan PCMAV, sebagian besar virus di flashdisk seperti recycler, autoid dll dapat dibersihkan dengan PCMAV.

Lebih lanjut tentang PCMAV

4. Update antivirus dengan rutin

Salah satu langkah supaya flashdisk dan komputer anda terjaga dari virus adalah mengupdate antivirus apapun yang anda gunakan. Proses update berguna untuk mendapatkan database pengenal virus yang baru. Perkembangan virus sangat cepat, disarankan untuk rutin mengupdate antivirus agar flashdisk dan PC anda aman dari virus.

Lihat daftar antivirus gratis terbaik

5. File virus tertinggal

Setelah dibersihkan, beberapa virus kadang menyisakan file yang tidak bisa dihapus di flashdisk. Walau file ini kebanyakan tidak berbahaya lagi, anda tentu terganggu dan ingin menghapusnya. Program kecil seperti Unlocker dapat membantu anda menghapusnya.

Download Unlocker 1.9.1 (MF)

No comments :

Post a Comment

Kritik? Saran? Pertanyaan? Sharing? Mari berbagi di Form Komentar !
Mohon untuk tidak mencantumkan Link dalam form komentar.
Komentar Spam tidak akan ditampilkan.
Mohon maaf jika komentar tidak langsung dibalas.