May 10, 2013

Pengalaman belanja online di Bhinneka

bhinneka.com logoBhinneka.com dikenal sebagai computer webstore terbesar di indonesia. Saya tertarik mencoba belanja di sini setelah pembelian online pertama saya berjalan lancar. Karena saya membeli movie/film yang jumlah GB-nya cukup membuat harddisk saya kepenuhan, akhirnya saya berpikir untuk membeli harddisk eksternal, singkat cerita terdamparlah saya di bhinneka.com.

Saat mengunjungi bhinneka, saya langsung masuk ke kategori penjulan harddisk eksternal. Mata saya langsung tertuju pada item yang paling banyak terjual, WD My Passport 1 TB USB 3.0, waktu itu harganya sekitar 998.000, tambah ongkos kirim sampai daerah saya jadi 1.070.000. Awalnya saya mau beli yang 500GB, tapi harga yang ditawarkan tidak jauh beda dengan 1 TB. Karena masih belum yakin saya sempat tanya-tanya di toko komputer terdekat, haddisk eksternal 1 TB dengan merk yang tidak terlalu terkenal dijual Rp. 1.500.000,00 :P. Di toko lain juga harganya di atas 1 juta rupiah.

wd my passport 1TB usb 3.0

WESTERN DIGITAL My Passport Essential 1TB USB 3.0 [WDBBEP0010BBK-PESN] - Black

Akhirnya saya putuskan mencoba nekat beli online, walaupun banyak yang melarang,, :p. Alasan klasik orang takut beli online adalah takut barang rusak, palsu, salah kirim, hilang, tertukar, dll. Karena reputasi bhinneka yang bagus akhirnya saya coba nekat pesan > transfer.

Kekhawatiran saya terbukti, 5 hari belum ada kabar apa-apa dari pesanan saya tersebut, bahkan dalam daftar transaksi bhinneka pun barang saya masih berstatus “dalam antrian”. Khawatir? ya iya lah, akhirnya saya coba sms costumer service > tidak ada balasan. Setelah 2x kirim email, akhirnya email saya membuahkan hasil, dibalas costumer servicenya pesanan anda telah dikirim dengan no resi : blablabla.

Genap 7 hari setelah pemesanan akhirnya barang yang saya idam-idamkan datang.. :). Setelah itu mumpung ada uang lebih saya membeli lagi HP Nokia Asha 202 di bhinneka. Anehnya pesanan saya ini berlangsung sangat cepat, pemberitahuan di daftar transaksi bhinneka juga sangat up to date. 4 hari menunggu pesanan saya langsung datang (Thanks Bhinneka). Update: sepertinya barang ini habis stoknya di bhinneka.

Nokia asha 202

Kesimpulan saya

Setelah dibaca lebih lanjut, ternyata batas pengiriman barang bhinneka memang 2-7 hari kerja. Sales yang melayani berbeda-beda untuk masing-masing produk. Ketersediaan barang juga sangat berpengaruh pada cepat-lambatnya pengiriman. Anggap saja sales Nokia lebih rajin daripada sales WD. #Eh

Banyak orang yang bilang bhinneka itu mahal, tapi bagi orang kampung seperti saya bhinneka itu sangat murah (toko komputer disini jauh lebih mahaaal). Terakhir, belanja online itu tidak selamanya menakutkan, tergantung kita bisa membedakan mana toko yang terpercaya, dan yang terpenting, hati-hati dan sabaar.. :)

Update :

Saya jadi keranjingan belanja barang di bhinneka, setelah itu saya langsung pesan : SAPPHIRE AMD Radeon [HD 5570]. Vga murah ini cuma 500rb an dan lumayan bertenaga untuk gamer low end seperti saya. Setelah upgrade VGA, Game-game terbaru bisa berjalan lancar tanpa hambatan dengan setting medium to low. Untuk setting high cuma bisa di game-game tertentu saja.

Kebetulan juga ada sobat saya yang ingin upgrade komputer, akhirnya saya rekomendasikan beli di bhinneka dengan spesifikasi sebagai berikut :

CPU :

AMD Llano [A4-3300]AMD Llano [A4-3300]

Mother Board :

BIOSTAR Motherboard Socket FM1 [A75MH]BIOSTAR Motherboard Socket FM1 [A75MH]

Memory (2x) :

APACER Memory PC 2GB DDR3 PC-10600 [Perfomance DDR3 2GB]APACER Memory PC 2GB DDR3 PC-10600 [Perfomance DDR3 2GB]

Harddisk :

SEAGATE Barracuda 1TBSEAGATE Barracuda 1TB

VGA :

SAPPHIRE AMD Radeon [HD 6570]SAPPHIRE AMD Radeon [HD 6570]

Saya nitip Kacamata :p :

3M Virtua Sport Protective Eyewear [11386-00000-20]3M Virtua Sport Protective Eyewear [11386-00000-20]

Pengiriman kurang dari 1 minggu, Setelah dirakit, peformanya cukup menjanjikan dan bahkan melebihi harapan. Lumayan tangguh untuk budget terbatas. Semua barang diatas kira-kira menghabiskan 3,2 juta. Selanjutnya mungkin akan lebih sering belanja Bhinneka.

4 comments :

  1. Hm , , psti menyenangkan. Apa ada ya kalau belanja online itu tawar menawar, kayak dipasar gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu sy kalau jadi member bhinneka ada event lelang online, sy belum pernah nyoba sih,, :)

      Delete
  2. kalo di farhanfh.com bisa nawar gan :)
    salam kenal

    ReplyDelete

Kritik? Saran? Pertanyaan? Sharing? Mari berbagi di Form Komentar !
Mohon untuk tidak mencantumkan Link dalam form komentar.
Komentar Spam tidak akan ditampilkan.
Mohon maaf jika komentar tidak langsung dibalas.