September 14, 2011

Fakta Menarik Seputar Password

password
Biasanya orang tidak suka dengan password dan sering dibuat “tidak aman”. Repotnya bahkan ada orang yang sulit mengingat password nya sendiri. Berikut beberapa ulasan dan tips seputar password.
Password Aman Pun Dapat Diintip
Walaupun anda sudah membuat password yang aman, resiko dapat muncul pada saat menggunakan Password tersebut. Bila anda memasukkan Password di komputer orang lain, Password bisa terbaca oleh sebuah Keylogger. Keylogger merupakan aplikasi tersembunyi yang bisa mencatat setiap penekanan keyboard.
Untuk mengelabui Keylogger anda bisa menggunakan Onscreen Keyboard. Pada windows 7, anda tinggal mengetikkan ‘on scr’ di Start menu, kemudian pilih On Screen Keyboard.
Serangan Brute Force Tergantung Panjang Password
VGA ATI Radeon HD5970 seharga 6 jutaan mampu mencoba 103.000 kemungkinan Password per detik ! Password yang dibuat terlalu pendek tidak akan bertahan lama. Sebuah investasi yang menarik untuk para Hacker.
Password Generator
Resiko membuat password yang tidak aman dapat diatasi dengan password generator. Password generator membuat password dari semua karakter yang memungkinkan.
Link Password Generator: http://www.gaijin.at/en/olspwgen.php
Password yang Aman dan Tahan Lama
Anda tidak perlu mengubah password apabila sudah membuat password yang aman untuk sebuah aplikasi. Institusi perbankan terkadang mengharuskan pergantian password secara berkala demi keamanan. Hal ini bisa menjadi bumerang, apabila administrator terlalu sering meminta pergantian password, pengguna memasukkan password yang mudah diingat seperti tanggal lahir, alamat dsb. Alhasil hacker akan dengan mudah menebak Password di kemudian hari.
Karakter aneh yang merepotkan namun Aman
Password yang diisi karakter khusus relatif lebih aman karena hacker biasanya akan mengecualikan karakter tersebut dalam percobaan pencurian password.
Karakter khusus dapat dihasilkan dengan menekan (Tahan)  tombol Alt + kombinasi beberapa angka. Aktifkan numlock terlebih dahulu karena harus memakai keyboard angka. Berikut beberapa contoh kombinasi karakter Khusus :
Karakter Kode ( Alt + .. )
® 0174
Π0140
0153

½
171

ø
155

©
0169
Æ 146
¿ 168
ƒ 159
0134
¨ 249
Ÿ 0159
Harap diingat, apabila anda menggunakan ponsel, beberapa karakter khusus tidak tersedia dan tidak bisa digunakan di ponsel.
Password Aman Namun …
Program penyimpan password seperti Keepass memang mudah dan terlihat aman, anda dapat menyimpan semua password dengan hanya mengingat satu password master yang dibuat sangat aman.
Petaka bisa terjadi ketika sebuah trojan mencuri password master tersebut, maka hacker pemilik trojan bisa mengakses semua akun dan data yang terproteksi password.
Ada Jasa Penitipan Password
Layanan online yang menawarkan solusi penyimpanan data-data digital. www.datainherit.com anda dapat menyimpan 50 password dan 10Mb data secara gratis.
Kata – kata Sederhana Sangat Tidak Aman
Telah tersedia software dan hardware yang memungkinkan siapa saja menjebol password WLAN. ElcomSoft Wirelees Security Auditor. Software mahal ( $1600 ) namun banyak tersedia versi bajakannya di internet, dapat mencoba 4000 kemungkinan Password WPA / detik menggunakan PC Intel Core i7. Anda hanya dapat terlindungi jika menggunakan kata – kata yang tidak sederhana sebagai master password.
Sumber : Edited From CHIP.

3 comments :

  1. Thanks infonya. jadi warning juga nich. soalnya saya kurang perhatian terhadap password.

    ReplyDelete
  2. Wah, banyak tips yang baru saya tahu.
    Terima kasih sharingnya.
    Salam kenal.
    Postingan terbaru saya.
    http://heruls.net/profil-ustad-wijayanto-berdakwah-secara-alamiah.html

    ReplyDelete
  3. @mukti, @ Heru, Terima kasih kembali dan salam kenal..

    ReplyDelete

Kritik? Saran? Pertanyaan? Sharing? Mari berbagi di Form Komentar !
Mohon untuk tidak mencantumkan Link dalam form komentar.
Komentar Spam tidak akan ditampilkan.
Mohon maaf jika komentar tidak langsung dibalas.