June 23, 2013

Harddisk tidak terbaca saat install Windows 7

Harddisk blocked

Saat membantu sobat saya meng-upgrade komputer, saya menemukan masalah pada saat menginstall Windows 7. Pada saat proses install muncul pesan “A required CD/DVD drive device is missing”. Dari pesan tersebut mungkin ada cd/dvd driver yang diperlukan untuk bisa membaca Harddisk.

Saya sempat baca-baca di website seagate untuk mencari driver harddisk tersebut. Akan tetapi tidak ada driver yang bisa diunduh / digunakan. Pusing otak-atik BIOS masalah tidak kunjung selesai.

Mungkin harddisknya rusak? Anehnya HD ini terdeteksi di bios dengan ukuran seperti apa adanya, Tidak ada yang aneh dari fisik HD tersebut, masih mulus dengan label garansi dari distributor. Lanjut browsing akhirnya saya menemukan masalah besarnya ada dimana …

Masalahnya adalah : Saya meng-install Windows 7 menggunakan DVD Eksternal dengan koneksi USB. Dan colokan USB tersebut saya pasang di colokan USB 3.0 (Yang biru). Setelah colokan dipindahkan ke USB 2.0 (yang hitam) akhirnya Windows 7 berhasil di install. Laughing out loud

Bagi sobat yang sering menginstall menggunakan Flashdisk, hal ini pasti sering sekali terjadi. Installer Windows 7 belum mengenal USB 3.0, jadi anda diminta untuk memasukkan driver baru. Jika anda menginstall Windows 8, ini tidak akan jadi masalah karena USB 3.0 telah disupport penuh. Semoga berguna bagi sobat-sobat yang mengalami hal yang sama. Open-mouthed smile

Update :

Banyak juga yang mengalami masalah ini walaupun tidak berhubungan dengan USB 3.0. Contohnya saat menginstall 2 buah harddisk atau lebih dalam sistem RAID. Solusinya download RAID driver sesuai dengan motherboard anda. biasanya sudah disediakan di website MB yang bersangkutan.

Ada juga website yang mengatakan Mengganti Settingan SATA ke AHCI di BIOS dapat menyelesaikan masalah ini (Saya tidak menemukan settingan ini di MB saya) . Disable SATA, Enable AHCI. Selamat mengacak-acak BIOS.

Ingin tahu lebih banyak tentang harddisk dan seluk beluk komputer? Bahkan mencoba memperbaiki harddisk rusak dan komponen komputer lainnya?  Daripada susah-susah kursus tekhnisi komputer silahkan cek beberapa ebook berikut :

Koleksi ebook

Cek sampel gratisnya dan dapatkan semua ebook khusus member premium. Smile

7 comments :

  1. Makasih infonya ...dah bingung juga tadinya tetapi setelah baca artikel ini hilang bingungnya dan laptopku berhasil diinstall...thanks banget...

    ReplyDelete
  2. Thanks Gan !!! dah 6 jam muter di bios ama bongkar pasang hdd, akhirnya masalahnya hanya USB 3.0 doang ... Sekali lagi Makasih Banyak (Y)

    ReplyDelete
  3. sy juga begitu gan udah pake dvd udah pake usb sama aja
    yg blom dicoba cek biosnya tapi aneh juga si soalnya sebelum2nya lancar & ga pernah utak atik bios

    ReplyDelete
  4. USB 2.0 maksudnya gmana? maaf gaptek hehee

    ReplyDelete
  5. makasih gan... baik hati banget.... skarang ane ktemu solusi yang top markotop...

    ReplyDelete
  6. Wah ilmunya ga ada di kampus ni gan. Thank you, sejam lebih ane utak-atik boot, ternyata tinggal pindah port doang -_-.

    ReplyDelete
  7. sip, tulisan bisa bermanfaat bagi orang banyak.

    mungkin ini juga bisa jadi solusi untuk yang mau install windows xp: hardisk tidak terbaca ketika install windows xp

    ReplyDelete

Kritik? Saran? Pertanyaan? Sharing? Mari berbagi di Form Komentar !
Mohon untuk tidak mencantumkan Link dalam form komentar.
Komentar Spam tidak akan ditampilkan.
Mohon maaf jika komentar tidak langsung dibalas.