May 31, 2012

Menghapus Virus Flame

virus flame

Flame atau Flamer merupakan virus baru yang disebut 20x lebih ganas dari Stuxnet. Flame ditemukan pertama kali di daerah Iran beserta negara timur tengah lainnya. Flame berukuran sekitar 20 Mb dan diperkirakan telah beroperasi sejak Maret 2010. Saat menginfeksi sebuah sistem, Flame akan menginstall 20 modul yang bisa berubah-ubah fungsinya bagi penyerang. Virus ini ditulis dalam bahasa pemrograman LUA, bahasa yang sangat tidak lazim digunakan untuk membuat virus.

Sifat-sifat virus ini antara lain mampu mencuri dan mengirimkan data, lalu langsung menghapusnya. Salah satu modul malah bisa menghidupkan mikrofon di komputer dan secara diam-diam dapat merekam pembicaraan orang dan menghubungkannya ke Skype atau komputer lain. Virus ini mampu menghidupkan bluetooth sebuah komputer, menghubungkannya secara diam-diam ke ponsel yang bluetooth-nya aktif lalu mencuri nomor telepon, data kontak, email dan data-data lainnya, lalu dikirimkan lewat saluran SSL tersembunyi ke komputer penyerang. Virus Flame juga mampu memindai seluruh komputer yang ada dalam satu jaringan, mencuri semua data yang ada termasuk username dan password, terutama akses untuk mesin-mesin yang membutuhkan akses administrator yang tinggi.

Meski saat ini belum ada laporan Virus ini menyebar di indonesia, tidak ada salahnya bersiap menghadapinya. Pihak penyedia antivirus Bitdefender telah menyediakan tool khusus untuk menghapus virus Flame. Tool ini dinamakan Flamer Removal Tool akan menghapus semua virus Flame dan komponen-komponennya. Tool ini tersedia untuk platform Windows 32 dan 64 bit.

flame remover

Download :

Windows 32 bit atau Windows 64 bit

7 comments :

  1. Asli, sumpah, ane kaget dengernya gan....Meski sejak 2010, tapi liat kemampuan-nya jadi ngeri sendiri...
    Ane pake ESET gan, dan ternyata juga sudah support Trojan.Flamer...
    Semoga kompi ane kagak kedatangan tamu ini... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat ganas sob, bahkan bisa menghapus data. Semoga virus ini tidak berkunjung ke indonesia sob.

      Delete
    2. Iya gan, semoga saja tidak mampir ke Indo, dan semoga juga eset tetap aman dari virus ini....Sekaliyan Follback nih gan...^_^
      Thanks.

      Delete
  2. Virus ini dibuat bukan untuk kita kita orang biasa. Virus ini dibuat untuk mengambil data2 penting milik suatu negara tujuan dr sang pembuat virus flame ini, spt iran yang jadi tujuan utama....,jadi gak usah tkt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut beberapa Info yang saya baca juga begitu sob, Virus ini lebih ditujukan ke instansi pemerintah. Tapi tidak ada salahnya sedia payung sebelum hujan.

      Delete
  3. Yang gue heranin adalah
    Penemu/pendeteksi pertama Virus Flame adalah tim Kaspersky
    Kenapa kalau mau remove Pakek BITDEFENDER

    ReplyDelete

Kritik? Saran? Pertanyaan? Sharing? Mari berbagi di Form Komentar !
Mohon untuk tidak mencantumkan Link dalam form komentar.
Komentar Spam tidak akan ditampilkan.
Mohon maaf jika komentar tidak langsung dibalas.