June 1, 2013

Alasan Saya Beralih ke Google Chrome (Windows)

browsers

Sedikit berbagi cerita tentang pemilihan browser, Macam –macam browser tersedia untuk mengakses internet, saat pertama kali kenal intenet, saya fanatik dengan IE (Internet Explorer). Saya pikir untuk mengakses Internet tidak ada yang sebaik ‘Internet’ Explorer.

Setelah membaca beberapa review tentang browser, akhirnya saya mulai menemukan browser lain seperti Mozilla Firefox, Opera, Safari dan Google Chrome yang saat itu masih dalam versi Beta. Cukup lama saya fanatik dengan Firefox. meski bukan yang terbaik pada beberapa review, Firefox memiliki ratusan ribu ekstensi untuk meningkatkan fungsinya. Sekarang saya sepenuhnya beralih ke Google Chrome. Mengapa?

Browser buatan google ini seperti menggabungkan fungsi semua browser, baik dari segi fitur, keamanan, penggunaan, dukungan ekstensi dll. Walaupun chrome sudah membuktikan dirinya sebagai yang terbaik dalam berbagai review, dulu saya masih memilih Firefox dengan alasan banyak ekstensi yang sudah terlanjur berguna bagi saya.

firefox screenhot

Awalnya saya mencoba beralih ke Chrome saat Firefox tidak bisa dibuka (Masalah Virus), terpaksa menggunakan Chrome untuk mencari cara mengatasi virus tersebut. Setelah virus dihapus, saya jadi keterusan menggunakan Chrome. Mulai melengkapi dengan ekstensi, ternyata yang biasa saya pakai di Firefox juga tersedia di Chrome. Mungkin cuma perasaan saya, tapi browsing di Chrome terasa lebih cepat.

Sulit melupakan Firefox, tapi yang paling membuat saya terkesan dengan Chrome adalah Fungsi Sinkronisasi. Anda cukup login dengan alamat gmail, data-data akan tersimpan otomatis di server google. Singkatnya saat anda melakukan install ulang anda tidak perlu melakukan apapun dengan chrome. Cukup login kembali maka data-data seperti tema, ekstensi, history, app, dll akan kembali seperti semula, seperti tidak pernah melakukan install ulang.

Hal lain yang menarik di Chrome adalah Fitur Update Otomatis. Cukup install dan lupakan! Chrome akan mengupdate dirinya sendiri tanpa campur tangan pengguna, sehingga anda tidak perlu susah-susah update manual. Adanya Chrome Web Store / Toko web Chrome menjadi nilai tambah tersendiri.

chrome scr

Hal pertama yang membuat orang malas menggunakan Chrome adalah installernya yang berbentuk web, harus connect ke internet dan menunggu lama hanya untuk menginstall chrome (untuk koneksi pelan). Ini bisa diatasi dengan menggunakan Chrome Offline Installer. Anda dapat menginstall chrome dimanapun tanpa koneksi internet.

Walaupun sekarang sudah sepenuhnya menggunakan Chrome, Bukan tidak mungkin suatu saat akan beralih lagi jika Browser lain berkembang lebih bagus. Untungnya Kita sebagai pengguna bebas memilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Terima kasih untuk developer  browser, semoga selamanya Free! :D

No comments :

Post a Comment

Kritik? Saran? Pertanyaan? Sharing? Mari berbagi di Form Komentar !
Mohon untuk tidak mencantumkan Link dalam form komentar.
Komentar Spam tidak akan ditampilkan.
Mohon maaf jika komentar tidak langsung dibalas.