February 8, 2012

Pilih Netbook atau Laptop ?

NetBook VS NoteBook

Masih bingung mau beli NetBook atau Laptop ? NetBook merupakan pemain baru di dunia komputasi portable, lalu apa bedanya dengan Laptop? Manakah yang lebih baik untuk anda ? Tips dari Hasil Browsing akan mencoba membantu anda.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih Netbook atau Laptop? Perhatikan beberapa faktor berikut :

* Ukuran dan Berat

Perbedaan yang paling menonjol antara keduanya adalah ukuran, Layar Netbook biasanya berkisar 7 sampai 10 inci, sedangkan laptop dimulai dari 14 inci. Oleh karena itu sudah pasti Netbook lebih kecil dan ringan dibanding Laptop.

* Sistem Operasi

Pilihan OS pada netbook sangat terbatas, jika ingin menggunakan Windows 7, pilihan anda pun terbatas pada Windows 7 starter. memang bisa menggunakan Windows 7 edisi lainnya, tetapi hal itu tidak dianjurkan. Ini tidak berlaku pada Laptop.

* Kecepatan dan Fungsi

Karena dirancang untuk menggantikan komputer, Laptop model terbaru dibekali RAM minimal 2 GB, bahkan ada yang lebih. Sedangkan RAM yang ditawarkan Netbook berkisar 1 GB saja. Oleh karena itu bekerja di Netbook kadang-kadang sangat lambat, terutama ketika anda menjalankan beberapa program pada waktu yang sama.

Netbook tidak dirancang untuk Multi Tasking, tetapi untuk Browsing Internet dan Pengolahan data sederhana. Harddisk yang diberikan pada Netbook juga cukup besar, berkisar 160 GB, ini sudah cukup untuk tempat penyimpanan data.

Netbook sangat cocok untuk belajar di sekolah dan perguruan tinggi, tetapi bukanlah solusi yang lengkap. Ketika berbicara tentang Kecepatan dan fungsi, Sudah pasti Laptop pemenangnya.

* Resolusi Layar

Resolusi layar sebagian besar Netbook adalah 1024x600, pada beberapa halaman web, resolusi layar ini belumlah cukup. Pengguna harus bolak-balik menggulung layar supaya dapat membaca teks satu baris penuh.

* Tampilan Multimedia

Melihat Video resolusi tinggi atau bermain game berat di Netbook bukanlah ide yang bagus. Sebagian besar Netbook hanya dibekali kemampuan grafis dan RAM yang rendah. Jika anda berencana menggunakan untuk multimedia atau game, Netbook bukanlah komputer yang anda cari. Netbook dirancang untuk aplikasi berbasiskan jaringan seperti Browsing, E-mail, atau perhitungan spreadsheet.

* Pemakaian Baterai

Baterai Netbook tahan lebih lama dibanding Laptop. Tidak adanya drive CD/DVD dan layar yang lebih kecil menyebabkan meningkatnya daya tahan baterai. Netbook dapat digunakan 5 – 6 jam tanpa mengisi ulang. Ini 3 kali lebih lama daripada kebanyakan Laptop.

* Keyboard

Bila anda memiliki jari-jari yang agak besar, anda mungkin akan kesulitan mengetik di Netbook. Ukuran keyboard juga patut anda pertimbangkan jika memilih Netbook.

* Drive CD/DVD dan Konektivitas

Sebagian besar Netbook tidak dilengkapi dengan drive CD/DVD. Namun Netbook sudah dilengkapi Wi-Fi dan banyak juga yang dilengkapi Bluetooth. Anda jadi lebih mudah terhubung ke Internet Wireless untuk mulai mengakses internet dimana saja selama tersedia koneksi Wi-Fi.

* Harga

Harga Netbook berkisar $200 – $500 (sekitar Rp 2-5 juta),  sedangkan Laptop dimulai dari $400 (Rp 4 jutaan). Harga merupakan faktor utama banyak orang yang lebih memilih Netbook. Orang yang membutuhkan komputasi biasa cenderung lebih memilih Netbook.

* Keputusan Anda

Kuncinya sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika anda memerlukan komputer hanya untuk sekedar browsing, mengetik tugas sekolah atau kantor, sering bepergian, maka Netbook adalah pilihan yang tepat.

Jika anda memerlukan pengganti komputer yang portable, sering memainkan game, memerlukan kinerja yang cepat untuk multimedia, anda Jelas harus memilih Laptop. Semoga tips di atas dapat membantu anda membuat keputusan.

No comments :

Post a Comment

Kritik? Saran? Pertanyaan? Sharing? Mari berbagi di Form Komentar !
Mohon untuk tidak mencantumkan Link dalam form komentar.
Komentar Spam tidak akan ditampilkan.
Mohon maaf jika komentar tidak langsung dibalas.