June 5, 2012

Trik Restart Kilat Windows 7

Windows-7-Logo

Jika anda sering melakukan tweaking registry atau Install / uninstall program pada Windows, tindakan restart  sering diperlukan untuk melihat perubahan dari proses tweaking yang anda lakukan. Untuk menghindari proses restart yang memakan waktu lama, anda dapat mematikan proses explorer.exe dan tidak perlu lagi melakukan proses restart berulang-ulang. Di windows 7 ada sedikit tips menarik untuk melakukan hal ini.

1. Klik menu Start, arahkan kursor pada tanda panah di samping tombol Shut-down.

scr 1

2. Tekan dan tahan tombol kombinasi Ctrl+ Shift pada keyboard, disertai klik kanan pada mouse. Dari menu pilihan yang muncul, pilih Exit Explorer.

scr 2

3. Setelah explorer dimatikan, akan ditandai dengan hilangnya taskbar windows, icon desktop dan tertutupnya semua jendela windows explorer.

4. Untuk mengaktifkan kembali windows explorer, buka task manager. Tekan kombinasi Ctrl + shift + esc. Buka menu File > new task (run..).

scr 3

5. Setelah jendela create new task muncul, ketikkan explorer.exe, Klik OK. Explorer akan berjalan kembali dengan fungsi perubahan aktif. Serasa seperti telah melakukan restart komputer.

Cara diatas bisa juga berguna saat komputer anda mengalami hang, anda tidak perlu melakukan proses restart yang lama. Dengan mematikan explorer terkadang masalah hang bisa teratasi. Selamat mencoba. Smile

3 comments :

  1. Ooooo....begono......
    Baru tau nih ane....Biasanya cuman log off aja...
    Mkasih ilmu barune..... :D

    ReplyDelete
  2. astaga...benar benar ppatut tuk di coba...thanks gan nice info

    ReplyDelete

Kritik? Saran? Pertanyaan? Sharing? Mari berbagi di Form Komentar !
Mohon untuk tidak mencantumkan Link dalam form komentar.
Komentar Spam tidak akan ditampilkan.
Mohon maaf jika komentar tidak langsung dibalas.